Judul Buku : Isu-Isu Gender dalam Kurikulum Pendidikan Dasar & Menengah
Editor : Waryono Abdul Ghafur, Muh. Isnanto
Tahun Terbit : 2004 (Cetakan Pertama)
Penerbit : PSW UIN Sunan Kalijaga
Urgensi sebuah kurikulum pendidikan memang tak terbantahkan lagi, utamanya bagi pendidikan dasar dan menengah. Dengan dan melalui kurikulum, peserta didik akan dapat diarahkan kognisi, afeksi, dan psikomotoriknya ke arah yang diharapkan. Jika kurikulumnya bagus dan mencerdaskan, maka peserta didiknya pun akan tercerahkan. Namun bila kurikulum pendidikannya "mandul", maka akan lahir peserta didik-peserta didik yang mandul pula. Demikian juga bila kurikulumnya bias gender, maka peserta didik-peserta didiknya pun akan menjadi orang-orang yang patriakhis: memandang rendah derajat kaum perempuan.
Sudah menjadi keprihatinan bersama bahwa kedudukan kaum perempuan dalam sejarah peradaban dunia, secara umum, dan peradaban Islam, secara khusus, telah dan sedang mengalami penindasan. Mereka tertindas oleh sebuah rezim laki-laki: sebuah rezim yang memproduksi pandangan dan praktik patriarkisme dunia hingga saat ini. Rezim ini masih terus bertahan hingga kini lantaran ia seakan-akan di dukung oleh ayat-ayat suci. Sebab itu, sebuah pembacaan yang mampu mendobrak kemapanan rezim laki-laki ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak saat ini untuk dilakukan.
Buku ini merupakan salah satu wujud usaha untuk mengikis bias-bias patriarkhisme melalui kurikulum. Diharapkan dari buku ini peserta didik akan memperoleh satu model pembelajaran yang menempatkan posisi perempuan setara dengan kaum laki-laki. Tentu tidak hanya dalam teori dan pengakuan sebatas mulut saja, bahkan yang terpenting adalah praktek nyata dimana penghargaan dan penghormatan terhadap kaum perempuan menjadi perhatian kita bersama. Melalui kurikulum ini, peserta didik akan memperoleh penyadaran bahwa kaum perempuan punya hak yang sama dihadapan manusia dan Tuhan.